Wednesday, May 13, 2015

Daftar Objek Pariwisata Alam

Daftar Objek Pariwisata Alam di Mamuju Tengah



Mamuju Tengah adalah kabupaten termuda di Sulawesi Barat, lahir setelah dimekarkan dari kabupaten Mamuju, saat ini daerahnya meliputi 5 kecamatan yaitu Pangale, Budong-Budong, Tobadak, Topoyo, dan Karossa. Mamuju Tengah sebagai daerah baru dari sisi pariwisata juga memiliki beberapa objek wisata alam yang dapat diunggulkan, mulai dari objek wisata alam pantai, gua, dan air terjun.
Objek wisata alam di Mamuju Tengah secara umum merupakan objek yang masih asri dan alami, belum banyak disentuh dan dijamah oleh program-program pengembangan kepariwisataan, baik dari pemerintah, maupun pihak swasta. Daerah Mamuju Tengah lebih banyak dijadikan sebagai lahan untuk perkebunan sawit.

Jika anda berkunjung ke Mamuju Tengah, atau ke Tobadak, maka berikut ini adalah beberapa objek wisata alam yang dapat anda datangi :

1. Gua Nenek Pulao

Gua yang terletak di kecamatan Budong-Budong, berupa gua alami dan belum banyak dijamah oleh para pengunjung

2. Gua Tambulan

Masih dalam kawasan kecamatan yang sama dengan gua nenek Pulao yaitu di kecamatan Budong-Budong, objek wisata ini juga belum banyak ditelusuri oleh wisatawan/ pengunjung.

3. Polo Pantai

Adalah objek wisata berupa hamparan pantai yang terletak di Kecamatan Pangale

4. Pantai Pangkang

Objek wisata pantai yang terletak di Kecamatan Pangale.

5. Pantai Kombiling

Pantai yang terletak di di Kecamatan Pangale, Mamuju Tengah, Pantai Kombiling memiliki bentukan pesisir yang lebar, dengan jejeran pohon kelapa rimbun yang terdapat di bibir pantai. Jarak dari rute provinsi menuju objek wisata adalah sekitar 5 km. Pantai Kombiling merupakan pantai indah yang cukup ramai dikunjungi oleh pengunjung. Saat masa liburan dan akhir pekan Pantai ini akan didatangi pengunjung yang ingin berekreasi atau berwisata bersama keluarga. Anda juga dapat menikmati melihat terumbu karang dengan diantar oleh perahu tempel bermotor milik nelayan setempat.

7. Air Terjun Batu Parigi

Air terjun yang belum banyak dikunjungi oleh pengunjung, terletak di Kecamatan Tobadak, pusat kota kabupaten Mamuju Tengah.

8. Pantai Kambunong

Pantai yang terletak di desa Kambunong, kecamatan Karossa, Mamuju Tengah. Pantai Kambunong Mamuju Tengah memiliki bongkahan batuan besar yang menarik di pesisir dengan vegetasi pohon rimbun. Tempat yang menarik untuk menikmati pemandangan pantai yang tenang dengan latar Pulau Kambunong

9. Pantai Kire

Pantai yang terletak di desa Kire, kecamatan Karossa, masih berada dalam satu kawasan kecamatan dengan Pantai Kambunong. Pantai ini memiliki kawasan savana yang luas dengan latar pantai yang indah dan menarik.

10. Pantai Batumeana

Pantai dengan vegetasi bakau (mangrove) di desa Tumbu, kecamatan Topoyo, merupakan pusat ritual kegiatan-kegiatan keagamaan masyarakat Hindu Bali yang mendiami kabupaten Mamuju Tengah. Pada hari-hari besar agama Hindu misalnya pada saat Galungan, kawasan Pantai Batuameana akan ramai dengan umat Hindu Bali yang datang untuk beribadah.

11. Air Terjun Kalando

Objek wisata air terjun yang dimiliki oleh dusun Kalando, desa Tabolang, kec. Topoyo, kabupaten Mamuju Tengah. Air Terjun Kalando Mamuju Tengah ramai dikunjungi oleh wisatawan/pengunjung lokal saat akhir pekan dan hari libur nasional. Merupakan objek air terjun yang masih asri dan terletak di tengah rimbunnya hutan Tabolang.

12. Air Terjun Kampajak

Objek wisata yang terletak di Antalili, keadaannya masih asri, tidak jauh berbeda dengan Air Terjun Kalando

13. Tanjung Batu Oge

Tanjung Batu Oge, objek wisata ini terletak di Kecamatan Karossa.

Demikian beberapa pilihan objek wisata alam di Mamuju Tengah yang dapat anda jejaki, Mamuju Tengah sebagai daerah baru yang bertumbuh di Sulawesi Barat akan menyambut pengunjung dengan jejeran sawit dan keasrian objek-objek wisata alamnya.

No comments:

Post a Comment